Surat Dr Tony Ho memang paling jitu (Pasien jangka panjang harus mencari dokter baru dalam daftar yang disetujui perusahaan asuransi, 22 Februari).
Kecuali jika lebih banyak pengalaman dibagikan secara terbuka, pemegang polis mungkin tidak menyadari konsekuensi dari pembatasan tersebut. Biaya perawatan kesehatan mungkin atau mungkin tidak dikendalikan, tetapi yang pasti adalah kemungkinannya ditumpuk secara tidak adil terhadap pemegang polis yang ada.
Lingkaran umpan balik kekuatan pasar tidak ada karena pemegang polis tidak dapat mengubah perusahaan asuransi seperti bagaimana mereka dapat dengan perusahaan asuransi mobil. Sangat tidak adil untuk membatasi pemegang polis yang ada tanpa menempatkan pembatasan pada perusahaan asuransi juga.
Dalam surat pemberitahuan yang dikirimkan perusahaan asuransi saya, dijelaskan bahwa perubahan baru adalah untuk mendorong pemegang polis untuk memainkan peran yang lebih aktif dalam memilih penyedia dan perawatan medis mereka. Bagaimana pemegang polis dapat mendorong perusahaan asuransi untuk memastikan pilihan yang cukup dan adil di tempat pertama?
Bagian 3 dari Undang-Undang Ketentuan Kontrak Tidak Adil memiliki klausul yang mengatakan bahwa bisnis tidak dapat mengandalkan persyaratan untuk memberikan jenis layanan yang berbeda dari yang diharapkan secara wajar, atau tidak memberikan layanan sama sekali.
Apakah klausul ini berlaku dalam contoh seperti itu, jika kontrak asuransi dimasukkan dalam Undang-Undang, seperti apa yang akan dilakukan Australia?
Terlepas dari ini menjadi masalah pembayaran bersama, dalam bentuknya saat ini, apakah ada checks and balances untuk memastikan perusahaan asuransi tidak membuat perubahan pada ketentuan kontrak yang tidak adil?
Seperti Dr Ho, saya juga memohon kepada pihak berwenang untuk mengambil langkah proaktif untuk mengatasi masalah ini.
Tan Siak Khian