Mengapa ada kebutuhan untuk memperluas jalur bersepeda di Singapura (Lebih dari 20 jalan akan dinilai untuk ruang untuk menyediakan jalur bersepeda, 22 Februari)?
Otoritas Transportasi Darat (LTA) perlu memberikan alasan dan pembenaran sebelum memulai program semacam itu.
LTA perlu memiliki informasi yang cukup baik tentang populasi pengendara sepeda – yaitu, apakah mereka pengendara rekreasi atau mereka yang menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi utama – dan pola penggunaan atau perilaku mereka sebelum memutuskan untuk memperluas jalur bersepeda.
Karena tidak ada persyaratan pendaftaran untuk sepeda konvensional atau pengendara sepeda, mungkin tidak ada cukup data yang dapat digunakan secara bermakna untuk memprediksi dan merencanakan persyaratan saat ini dan masa depan secara akurat.
Dilaporkan bahwa LTA sedang mencari layanan teknik untuk merancang jalur bersepeda dan infrastruktur terkait.
Ini tampaknya menunjukkan bahwa LTA sudah pada tahap perencanaan lanjutan. Ini juga berarti bahwa ia harus telah melakukan penelitian ekstensif untuk memverifikasi atau memvalidasi asumsi dan kriteria yang digunakan dalam pelaksanaan tender.
Dan harus ada analisis biaya-manfaat yang tepat yang dilakukan untuk membenarkan ekspansi. Misalnya, apa konsekuensinya jika jaringan bersepeda tidak diperluas?
Manajemen jalur bersama yang efektif dan tepat harus menjadi pertimbangan utama untuk rencana ekspansi.
Ini karena dapat memiliki dampak yang luar biasa pada pengguna jalan lain, terutama ketika menyangkut potensi kecelakaan, cedera, dan kematian.
Harus ada aturan atau hukum yang jelas dan ketat yang mudah dan sepenuhnya dapat ditegakkan.
Jelas, manajemen yang tepat dari jaringan jalur bersama akan menjadi tantangan besar.
Tony Lim Thiam Poh